Islam dan HIV/AIDS

Oleh : Maulana B Sanjaya (Mahasiswa Sok Tahu)

https://i1.wp.com/madanionline.org/wp-content/uploads/2013/05/mencegah-aids-perspektif-islam.jpg

Selain perekonomian yang gonjang ganjing,Indonesia juga digempur permasalahan lain yakni pertumbuhan epidemic HIV tertinggi di Asia,bahkan terjadi peningkatan sebesar 162 % sejak 2001 (AIDS Datahub,2014).Mirisnya,ibu rumah tangga menempati peringkat teratas. Jumlahnya mencapai 6.539 di tahun 2014 menurut Perkumpulan keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Mereka adalah korban dari suami mereka yang tertular HIV/AIDS akibat perilaku seks kotor seperti gonta-ganti pasangan, mendatangi lokalisasi atau penyalahgunaan narkoba dengan jarum suntik dari pengguna yang mengidap HIV/AIDS,lalu menyebar kepada anak Menurut data Kemenkes, jumlah HIV/AIDS pada anak usia 0-4 dan 5-14 tahun terus meningkat dari 2010 hingga 2013.

Penanganan penyakit HIV/AIDS sekarang lebih fokus pada pengobatan atau minimalisasi dampak AIDS daripada preventif atau pencegahan. Padahal sesungguhnya penanganan yang paling tepat justru pada preventif atau pencegahan ibarat pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati.Saat ini,pencegahan hanya berfokus pada pewajaran penggunaan kondom (ABC (Abstinence-Be faithful-Condom) untuk tukang “jajan” namun faktanya,kenaikan jumlah pengidap HIV AIDS mengalami kenaikan yang diiringi pula kenaikan tingkat liberalnya masyarakat daerah tersebut. Hal ini seakan mengiyakan bahwa usaha pencegahan penularan penyakit ini perlu perbaikan.

Dewasa ini,tindakan yang dilakukan di Indonesia dan seluruh dunia untuk mengatasi penyebaran HIV/AIDS akan berujung pada kebuntuan karena focus mereka hanyalah tindakan kuratif bukan preventif.Tindakan yang seharusnya mereka lakukan adalah tindakan preventif seperti pencegahan perilaku seks bebas,westernisasi,dan gaya hidup semau gue dengan peningkatan ketakwaan dan kepatuhan terhadap syariat Islam.

Islam memandang bahwa perbuatan zina adalah perbuatan keji dan tergolong dosa besar.Barang siapa yang sanggup menghindarinya maka Allah memberikan ganjaran yang besar. Sabda Nabi SAW.

«سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فِى ظِلِّهِ ، يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلاَّ ظِلُّهُ… وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ إِلَى نَفْسِهَا قَالَ إِنِّى أَخَافُ اللَّهَ»

“Tujuh golongan yang Allah naungi mereka pada hari kiamat dalam naungannya, hari dimana tidak ada naungan kecuali naunganNya;…seorang pemuda yang diajak berzina oleh wanita  yang cantik dan kaya tapi ia menolak dan mengatakan, ‘Sesungguhnya aku takut kepada Allah’.” (HR. Bukhari).       

Kebutuhan biologis adalah sebuah kebutuhan yang Allah anugerahkan kepada manusia sehingga manusia sebagai ciptaanya wajib menggunakan syariat Allah dalam memuaskan kebutuhannya. Islam hanya melegalkan pernikahan pria dengan wanita sehingga manusia bisa terus mempertahankan keturunan. Islam mengharamkan pintu perzinahan walaupun dilakukan atas dasar sukarela atau suka sama suka.

Selain itu,Islam juga mengancam dengan sanksi keras bagi para pelaku perzinahan yaitu sanksi cambuk bagi pezina yang belum menikah (ghayru muhshan) dan sanksi rajam hingga mati bagi pelaku yang telah menikah (muhshan). Sanksi sangat tegas ini menjadi preventif perbuatan zina di masyarakat.Akibatnya,manusia akan berfikir seribu kali ketika ingin berzina .Wallâh a’lam bi ash-shawâb

Advertisements

Politik Smoke Screen (Lagi) ?

smoke-screen

Indonesia darurat smoke/asap,tidak ada yang bisa membantahnya ! Baik asap yang bermakna menurut KBBI uap yang dapat terlihat yang dihasilkan dari pembakaran maupun politik layar asap atau smoke screen politic.Loh,kumaha ? Asap yang pertama adalah makna asli,zahir,atau sesungguhnya,sesuai definisi KBBI.Tiap tahun selalu terjadi kasus asap yang menyebar ke negara tetangga sehingga kerap membuat negara tetangga kelabakan,karena asap tidak mengenal batas negara apalagi paspor.Ada banyak pendapat mengenai penyebab kasus asap ini
• Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar : kebakaran sulit dipadamkan karena baik di Kalimantan maupun Sumatera, titik api berada pada kedalaman tiga sampai lima meter di bawah tanah
• SBY : suhu yang terlalu panas dan adanya pembakaran lahan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab
• Oknum pemerintah yang kongkalikong dengan perusahaan http://www.goriau.com/berita/umum/berikut-faktafakta-mencengangkan-yang-diungkap-tni-dibalik-musibah-kabut-asap-di-riau.html
• Perusahaan yang menginginkan cara cepat dan murah untuk membuka lahan sawit (http://www.merdeka.com/peristiwa/57-orang-jadi-tersangka-karhutla-di-riau-15-perusahaan-disidik.html)

Uniknya tiap tahun selalu muncul musim “asap”,jika karena factor alam seharusnya dilakukan pencegahan seperti tatkala banjir pada sungai nil tiap tahun yang diatasi dengan bendungan aswad, (dana apbn 2015 ) mengapa tiap tahun selalu terjadi kasus asap,atau terdapat kesengajaan untuk terjadinya musim ketiga ini ,mudah mudahan dugaan saya salah.
Smoke pertama tidak usah diperpanjang lagi,pemerintah saja tidak menuntaskan masalah ini hingga selesai kok,lihat saja tahun depan..sepakat ? Kita yang tidak memiliki kekuasaan yo kate lapo,hanya bisa kritik kritik dan menawarkan solusi.Anyway asap pasti berlalu (beritanya) karena politik smoke screen jilid ke sekian digunakan kembali oleh penguasa.Untuk kalian yang sudah paham definisi smoke screen politic tidak disarankan membaca 1 paragraf berikut,untuk kalian yang belum paham…terserah kalian,ilmu sudah tersedia,kemauan yang dibutuhkan,right ?

Continue reading

Akulah Proletar Berideologi

Aku bernyanyi dalam kericuhanprol08_450

Gelora perjuangan aku teriakkan

Tuntaskan kewajiban anak muda

Didihkan darah pemuda nan lesu

 

 

Aku bukanlah cerdik pandai atau sesepuh

Aku hanya keparat muda pemberontak

Enggan menjadi jongos kapitalis brengsek

Akulah proletar Akulah proletar Akulah proletar

Aku muak benar salah ,para bajinganlah hakimnya !

Aku muak aturan dikuasai elit keparat tiada nurani

Aku tak sudi rakyat miskin ditindas korporat

Karena aku proletar berideologi

 

Tak perlu takut dengan ideologiku

Bukan palu arit keparat

Bukan uang fiat bangsat

Islam ideologiku !

Kesurupan Jin Aktivis

Siang hari setelah jumatan di sebuah warkop dekat masjid “Istiqomah” .Kalau Ustad Ahmad yang menjadi khatib, Heriawan seakan “wajib”  mampir ke warung kopi setelah shalat selesai,durasi khutbah yang sangat lama,45 menit menyebabkan tidak sedikit jamaah yang tertidur termasuk Heriawan,parahnya dia masih ketiduran saat imam ruku’ dan terpaksa mengulang 1 rakaat .”Bang,kopi mandailing satu,gak pake krimer,gula dikit” Tiba tiba datang ikhwan,kawan Heriawan.Setelah Ikhwan duduk,ia langsung memesan kopi hitam plus nasi kornet telor alias Nasi Kolor.Seperti kawan baik  pada umumnya,tanpa salam ia langsung bertanya ke Heriawan”Her,agama lu apa sih ?”.”Ini anak tanya aneh aneh”gumam Heriawan.”Islam alhamdulillah,enggak liat kalo gua pake koko ginian habis balik dari shalat jumat,lah elu sendiri ngapain ga jumatan ?””Eh,gua prihatin sob.Soal kekacauan negeri tercinta,khususnya moral anak muda,sampai sampai di bulletin jumat ini dikasih judul Indonesia Darurat Zina” ,jawab Ikhwan.”Ebuset,lu kesambet jin aktivis ? Udah ga solat tapi mikirin negeri ini”canda Heriawan.”Kemarin gua kan sempet denger radio dakwah,katanya riba itu haram,zina itu haram,dan boncengan cewek cowok yang belum kimpoi juga haram,kok sekarang banyak yang ngelakuin padahal mayoritas KTP nya Islam ?”lanjut Ikhwan.“Mmmm”Heriawam hanya bisa berdehem.Setelah Ikhwan mengeluarkan tablet,dia melanjutkan ucapannya ”Terus kata orang BKKBN Pusat,bapak  Hardianto waktu kapan gitu,kalau Indonesia punya 64 juta remaja yang rentan seks bebas, tingkat kelahiran pada usia remaja terjadi 48/1000 kelahiran,ya kali zaman sekarang remaja udah nikah.””Ditambah mudahnya ngakses bokep,ngibulin internet positif,lokalisasi dihalalkan,terus banyak juga meme di internet yang mendorong anak muda buat pacaran bukan nikah,biasanya sih jombo dibully gak laku”.Heriawan melongo,tampak tidak percaya kawan baiknya berubah,biasanya ngobrolin game kalau gak anime .”Nah,Jadi sekitar 1000 bayi dilahirkan dalam suatu waktu, paling gak 48 mbrojol dari rahim remaja,bener gak tuh ? “lanjut Ikhwan sambil membuka note dari tablet usangnya.”Wah miris ya,kita mayoritas kan? ”kata Heriawan sambil menikmati kopi mandailing pesanannya.”Nah terus kan mereka mayoritas Islam,yang gua tanyain itu Islam kita dan mereka yang sekarangi bener ga sih atau ada yang kurang,atau gimana menurut lu ?”Tanya Ikhwan sembari membuka  tablet.

Nasi pesanan Ikhwan sudah disajikan di meja makan warkop,tanpa dikomando lagi kegiatan pemenuhan hajatul udawiyah dilakukan oleh Ikhwan,”Nanti gua lanjutin,belum makan dari pagi”.Sambil menikmati kopi,Heriawan merasa gundah,tak bisa menjawab pertanyaan Ikhwan yang sederhana itu,karena selama ini Ikhwan sering nanya  soal dalil ini itu dan bisa ia jawab sekatligus penjelasan ulama tentang itu .Ikhwan yang peka dengan kegundahan Heriawan mulai mencairkan suasana,”Her,gua tadi ga jumatan gara gara ketiduran,tau sendiri kan ,gua ada shift di warkop desa sebelah tadi malam””Gua kira sengaja,sori sori” “Ah elu ,suudzon mulu ke gua”.Setelah 15 menit dihabiskan untuk makan….“Alhamdulillah,kenyang”gumam Setiawan.”Pulang ah”.”Elu katanya mau ngelanjutin obrolan tadi,makan bisa bikin lupa ingatan ya ? sindir Heriawan.”Iya iya,sampai mana tadi,Islam sekarang gimana menurut lu? tanya Ikhwan memulai diskusi.”Islam sekarang ga beda sih dengan dulu zaman Rasulullah,toh quran masih sama dan dijaga,al hijr ayat 9 cuman ada banyak gak diterapkan.”.”Yaudah terapin aja,repot amat,bukannya hukum Allah wajib ditaati,kemarin lu ngejelasin QS. Al maidah: 49,kita muslim kan ?’.”Cambukin pelacur dan potong tangan napi koruptor satu satu gitu ?.

“Ikhwan,kamu itu ngaji jangan separo separo,harus runtut,neg mau nerapin hukum islam harus di negara Islam” sesosok lelaki berkopiah muncul dari dalam warkop,”Ustad Ahmad ?” kedua pemuda yang asyik ngobrol kaget.”Iya,apa kabar ?”jawab ustad Ahmad.”Sep,kasih mereka kopi mandailing dan 1 kopi aceh buat saya ”.”Siap tad”jawab pemuda yang dipanggil Sep tadi.”Sambil membuka karpet warkop,dengan isyarat tangan menyuruh kami membantu.”Gausah malu, ayo duduk l disini”.”Ikhwan,saya dikasih tau ibumu kalau kamu mengalami perbedaan setelah ada internet,katanya jadi koar koar hukuman mati buat pezina,benar gitu ?”.”Iya ustad itu semua benar,negeri ini darurat zina”jawab Ikhwan dengan lugas.”Maaf,ustad Ahmad juragan warkop ya ?”Setiawan menyela.”Iya nak,bisa lanjutkan diskusi”.Setelah anggukan kepala kedua pemuda tersebut,beliau melanjutkan diskusinya.” Silakan kalau ingin membantah atau setuju,tapi duduk dan dengarkan dulu””Begini,untuk memberantas zina dari negeri ini,ngawur kalau cuman membahas masalah zina.Perzinaan di negeri Indonesia merajalela ini karena diterapkannya system busuk demokrasi,dalam demokrasi,aturan kehidupan dibuat dari manusia yang terbatas dan rentan dipengaruhi banyak kepentingan,misalnya tentang lokalisasi yang dilegalkan di beberapa tempat dengan banyak alasan,belum lagi soal majalah dewasa yang kalo diganggu,redaksinya membela diri dengan kebebasan berekspresi dijamin demokrasi,tidak ada kewajiban menutup aurat buat perempuan, edan to ?”.

”Jelas edan wahai setiawan tukang tidur dan Ikhwan ,demokrasi itu lahirnya dari sekelurisme,paham memisahkan agama dan kehidupan,hasilnya ada ustad tapi ustadnya anti politik,ada politikus tapi gamau pake aturan agama Islam.””Jadi,apa yang harus kita lakuin ustad Ahmad yang bijaksana ?”Tanya Setiawan dengan muka sebal karena disindir.”Yang jelas bukan tidur saat khutbah wahai makhluk akhir zaman,kita harus mencari solusi untuk permasalahan sistemik ini,yaitu system pengganti yang sesuai fitrah manusia yaitu system khilafah islam.Peran kita sebagai muslim,ya bergabung dengan jamaah yang memperjuangkannya dan turut serta dan berjuang.””Khilafah kan janji Allah tad,kata ustad Ahmad tadi di khutbah”Ikhwan menyela.”Setiawan,ada apa denganmu,sudah khutbah tidur,menyela orang tua ngomong,mau disiram air ?”celetuk ustad Ahmad sambil memegang gelas.”Kamu tidur,dengerinnya ga sempurna,tadi saya bilang kalau Khilafah itu janji Allah namun ada pahala lebih bagi mereka yang memperjuangkannya daripada mereka yang duduk diam.”.”Untuk masalah pidana islam dan lain lain buat pelaku zina,metode menegakkan system khilafah gak bakal cukup kalau dibahas disini.”Terus ?”tanya Ikhwan dan setiawan serempak, “Hari sabtu,kalian ngaji ke rumah saya di samping warkop ini,bagaimana ?.”Jam 4 ustad,saya dan Ikhwan kebetulan diajak acara pak RT sampai ashar”Setiawan menimpali,”Awas ga dateng,saya punya nomor orang tua kalian !”kelakar Ustad Ahmad.”Ampun ustad”.”Harus dalam khilafah islam kalau mau make hokum Islam,dan salah satu yang membedakan umat Islam sekarang dengan dulu adalah tidak adanya khilafah jadi houkum Islam tidak diterapkan dan hasilnya adalah negeri darurat zina,nggeh ustad ?”sela pelayan warkop.”Benar,sep”.

Kebangkitan bangsa : Cukupkah hanya dengan Pemberantasan Korupsi ? (1 dari 2)

333167172552779244f06bb9b075c5e4_13425576441883284133 Siapa yang tidak kenal dengan kata korupsi di zaman reformasi saat ini ? Korupsi seolah menjadi buah bibir lintas elemen masyarakat ,hal ini wajar mengingat di media elektronik,media cetak,hingga sosial media sekalipun,banyak terdapat berita mengenai kasus korupsi yang terjadi di negeri ini.MenurutIndonesia Corruption Watch (ICW) Dalam 1 dasawarsa terakhir (2003-2013) ,dari bidang pendidikan saja tercatat 296 kasuskorupsi pendidikan dengan indikasi kerugian negara sebesar Rp619,0 miliar telahditangani oleh pihak Kepolisian, Kejaksaan, dan Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK),bagaimana dengan bidang lain ? Belum lupa dari ingatan kita mengenai kasuskorupsi pengadaan kitab suci Al-Qur’an yang merugikan negara puluhan miliarrupiah.Jangan lup kasus korupsi impor daging sapi terlepas dari adanyakontroversi “jebak menjebak “,beberapa kasus korupsi di atas membuktikan bahwakorupsi bukan hanya omong kosong tapi fakta tidak mengenakkan yang terjadi dinegeri tercinta ini.Pemerintah dan elemen elemen masyarakat  bukan tidak sadar terhadap fakta korupsi yangmerajalela di negeri ini,pada tahun 2003 pemerintah membentuk KPK   untuk mengatasi, menanggulangi dan memberantas korupsi di Indonesia. Komisiini didirikan berdasarkan  Nomor30 Tahun 2002 mengenai Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,sedangkandari elemen masyrakat sendiri muncul berbagai LSM Anti korupsi bak cendawan dimusim penghujan pasca reformasi,seperti Indonesia Corruption Watch,LSM Badarhingga KajianAnti Korupsi Universitas Gadjah Mada (Pukat UGM).Gantung-Koruptor-568x434

BATU TERJAL

Namun,usaha“Serius” pemerintah dan LSM menemui batu terjal bahkan ada oknum KPK dan LSMyang menyalahgunakan fungsi mereka sebagai “pemberantas” korupsi untukkepentingan pribadi,beberapa waktu lalu dilansir dari Republika .co.id , Kepolisian Resort Kabupaten Biak Numfor,Papua menahan oknum LSM antikorupsi berinisial PA yang diduga melakukanpemerasan kepada pengusaha senilai 25 juta.KPK sendiri turut kecolongan denganadanya pihak yang mengaku ngaku anggota KPK untuk memeras suatu pihaktertentu,sungguh ironis.KPK pun tak luput dari berbagai tudingan miring sepertijanji “Petinggi” untuk bertindak “A” namun tidak pernah terwujud hingga saat ini,ketidak tegasan KPK pada kasus bank Century wajib kita catat.Terlepasdari berbagai prestasi KPK untuk pengungkapan kasus kasus lain.Di samping itu,usaha usaha pencerdasan masyarakat juga dilakukan oleh elemen kampus dengandiadakannya propaganda,lomba,atau apapun itu yang terkait pencegahan korupsidan semacamnya,termasuk larangan plagiarisme dan mencontek.Patut disyukuri,bahwa pasca reformasi kita saksikan menjamurnya berbagai usaha daninovasi dalam “Pencegahan” korupsi.Namun,beranikah kita berkata bahwapencegahan korupsi sudah manjur ?

untitled(3)

Gagasan Hukuman Mati

Muncul gagasan untuk menghukum matikoruptor seperti yang diperjuangkan oleh mantan ketua MK Mahfud MD.”Mari diperjuangkan bahwa UU direvisi, bahwa hukuman mati harusdijatuhkan tanpa harus menunggu krisis yang ukurannya juga tidak jelas”dilansirdari sindonews.com,beliau menegaskan bahwa hukuman mati untuk koruptor bisadilakukan mengingat hukuman mati untuk pelaku narkoba dan kasus terorisme sudahbisa dilaksanakan.hal ini seakan memperkuat pendapat dari pakar hukum pidana Universitas Sumatera Utara (USU) DrP edastaren Tarigan,SH, mengatakan para koruptor yang telah merugikan keuangannegara, sudah sepantasnya dijatuhi hukuman mati, sehingga dapat membuat efekjera.”Ganjaran hukuman mati itu, merupakan langkah yang dinilai palingtepat diterapkan bagi koruptor yang ada di negeri ini” dikutip dari Antaranews.com.Solusi hukuman mati bukannya tanpa kontra,mantan wakil gubernurDKI Jakarta yang sekarang menjadi  Gubernur Jakarta,Basuki Tjahaja Purnama berpendapat bahwa hukuman mati tidak cocok,namun hukuman seumur hidup tanpa remisi cocokditerapkan untuk koruptor , “Kalau seumur hidu poke, jadi ada kesempatan untuk bertobat. Tapi nanti enggak ada remisi-remisi yadipenjara, ” (http://news.metrotvnews.com/).Hukuman mati untuk koruptor sendiri bukan hal asing di dunia ini,tak usahlahjauh jauh ke eropa sana,tengoklah ke Singapura dengan masyarakatnya yangsejahtera secara materi dan,jadi beranikah menyebut hukuman mati yang juga  tedapat dalam syariat Islam adalah hukuman barbar,think again !

Bergeraklah Bersama Ar-Rayyah

Bergerak berkali kali

Karena mati hanya sekali

Panaskanl jiwa kalian,wahai  pejuang Islam dimanapun kalian berpijak,dimanapun kalian menimba ilmu. Sungguh kegelapan semakin menggurita,jutaan manusia tak sadar bahwa kegelapan merasuki diri mereka !

Rayyah adalah panji penyemangat kita,duhai pejuang islam !

Rayyah saksi perjuangan kita,bergerak tiada henti hancurkan kekufuran sistemik berlabel demokrasi

Sungguh hati ini tak rela melihat hukum dipermainkan oleh segelintir manusia.

Benar dan salah menurut hawa nafsu dan otak mereka nan terbatas,hukum tajam ke atas namun tumpul ke bawah !

Cukuplah goresan tinta ini sebagai saksi kelak,bahwa aku tidak sudi hak untuk membuat hukum diserahkan kepada manusia !

Cukuplah berkubang dalam ladang kehinaan,tangkaplah cahaya Rayyah,kibarkan dan tancapkan di atas rumah rumah kalian !

Rengkuh kembali tonggak kejayaan peradaban islam,bungkam keraguan akan kemuliaan Islam !

Islam memberi solusi,bukan hanya janji pepesan kosong ala demokrasi !

Ya Allah saksikanlah,hambamu nan fakir ini telah menyerukan Islam !

Tulisan ini bukanlah tulisan janji palsu serta angan angan semata,namun tulisan ini adalah motivasi panas untuk penulis maupun kepada pembaca sekalian.

That’s all~

Salam Perkenalan

Assalamualaikum Warrahmatullohi Wabarakatuh

Allohu akbar Allohu akbar Allohu akbar!!!!
Saudara saudara seimanku,marilah kita teriakkan Takbir sekeras kerasnya.,karena takbir adalah seruan pengagungan kepada sesembahan yang satu satunya pantas disembar,Allah azza wa jalla.

Saudara semabda (ideologi) yang aku cintai marilah kita merenung sejenak rasakan nikmatnya takbir kepada Alloh SWT,seperti yang dirasakan para saudara kita
di medan perang sana terutama di Chechnya,Suriah,Rohingya dan tak lupa Indonesia!!!!

Mujahid Uzbekistan

Tak kenal maka tak sayang

Tak kenal maka ta’aruf

Identitas bukanlah hal penting,bukan ? Tak usahlah berusaha mencari cari jati diri penulis di blog kontroversial ini,cukup ambil kebenaran dari  tulisan di blog ini dan tinggalkanlah serta ingatkanlah penulis ketika melenceng dari mabda Islam nan haq

Aku harus melindungi orang yang aku sayangi,aku yakin kelak ada beberapa pemikiranku yang menyebabkan setan dalam diri kalian menghasut kalian  dan jika setan berhasil menghasut anda,tindakan rusak dan hina kelak kalian lakukan

Untuk kecenderungan aliran atau golongan,aku tidak menganut paham apapun,… Islam ya Islam..ga ada Islam A dan B,selama ada dalil yang shahih,dan ketetapan ulama, akan aku jalani sepenuh hati,Insha Alloh

M3

Sekian dari saya,jika ada kesalahan datangnya dari saya,jika ada kebenaran maka datangnya dari Alloh SWT

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Salam perkenalan dan Salam Ideologi Islam !