Politik Smoke Screen (Lagi) ?

smoke-screen

Indonesia darurat smoke/asap,tidak ada yang bisa membantahnya ! Baik asap yang bermakna menurut KBBI uap yang dapat terlihat yang dihasilkan dari pembakaran maupun politik layar asap atau smoke screen politic.Loh,kumaha ? Asap yang pertama adalah makna asli,zahir,atau sesungguhnya,sesuai definisi KBBI.Tiap tahun selalu terjadi kasus asap yang menyebar ke negara tetangga sehingga kerap membuat negara tetangga kelabakan,karena asap tidak mengenal batas negara apalagi paspor.Ada banyak pendapat mengenai penyebab kasus asap ini
• Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar : kebakaran sulit dipadamkan karena baik di Kalimantan maupun Sumatera, titik api berada pada kedalaman tiga sampai lima meter di bawah tanah
• SBY : suhu yang terlalu panas dan adanya pembakaran lahan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab
• Oknum pemerintah yang kongkalikong dengan perusahaan http://www.goriau.com/berita/umum/berikut-faktafakta-mencengangkan-yang-diungkap-tni-dibalik-musibah-kabut-asap-di-riau.html
• Perusahaan yang menginginkan cara cepat dan murah untuk membuka lahan sawit (http://www.merdeka.com/peristiwa/57-orang-jadi-tersangka-karhutla-di-riau-15-perusahaan-disidik.html)

Uniknya tiap tahun selalu muncul musim “asap”,jika karena factor alam seharusnya dilakukan pencegahan seperti tatkala banjir pada sungai nil tiap tahun yang diatasi dengan bendungan aswad, (dana apbn 2015 ) mengapa tiap tahun selalu terjadi kasus asap,atau terdapat kesengajaan untuk terjadinya musim ketiga ini ,mudah mudahan dugaan saya salah.
Smoke pertama tidak usah diperpanjang lagi,pemerintah saja tidak menuntaskan masalah ini hingga selesai kok,lihat saja tahun depan..sepakat ? Kita yang tidak memiliki kekuasaan yo kate lapo,hanya bisa kritik kritik dan menawarkan solusi.Anyway asap pasti berlalu (beritanya) karena politik smoke screen jilid ke sekian digunakan kembali oleh penguasa.Untuk kalian yang sudah paham definisi smoke screen politic tidak disarankan membaca 1 paragraf berikut,untuk kalian yang belum paham…terserah kalian,ilmu sudah tersedia,kemauan yang dibutuhkan,right ?


Politik smoke screen artinya adalah politik menutup sebuah kasus “utama” dengan skandal skandal settingan atau sengaja disiapkan sejak lama untuk dihembuskan pada waktu yang diinginkan,Lieur ? Contohnya gini,Pak Rudi seorang presiden negeri kafirun ingin memperpanjang kontrak perusahaan gas asing di negaranya namun karena ulah mahasiswa ideologis yang aktif dan kritis menyebabkan masyarakat termasuk buruh,LSM,dan ormas ormas memprotes keinginan presiden tersebut.Langkah yang dilakukan Pak Rudi adalah mensetting dan membesar besarkan kasus sengketa antara kepolisian dan militer,yang uniknya sengketa hanya gara gara masalah hutang yang lupa,sepele bukan ? Media bayaran Pak Rudi ramai ramai memberitakan kasus tersebut dengan tagline menggoda syahwat kepo,seolah olah mengandung pheromone yang menarik pembaca,plus pasukan berkedok relawan media social yang ramai ramai membully,memasang hastag #CicakSukaNgutang atau #KomodoTidakSabaran.
Masyarakat,mahasiswa,dan LSM non ideologis tentu mudah terpancing memfokuskan diri membahas masalah settingan itu,mengapa ? Pengaruh media sangat besar hingga membuat mahasiswa yang ideologis tadi kesulitan untuk menyadarkan (kembali) pihak pihak lain untuk kembali menyadari kasus utama.Logikanya mudah,bagaimana mungkin media besar mencoreng nama besar mereka sendiri dengan menipu pembaca setianya,justru mahasiswa tadi yang sedang mencari aji mumpung. Begitulah logika khusnudzhon mereka,ditambah lagi anggapan mahasiswa hanya membutuhkan masyarakat pada saat tertentu saja,pasti ada maunya..bahasa mudahnya.Paham teu? Paham ora ? Mugi mugi panjenengan sedoyo ngertos…amiin.Politik smoke screen berulang kali dilakukan oleh penguasa sehingga menyandera pola sikap dan pola pikir masyarakat Indonesia,bermula dari kasus ketidak seriusan Freeport dalam menggarap smelter yang berujung revisi UU smelter,saat itu pula masyarakat dialihkan denganskandal cicak vs buaya (lagi) diikuti baru baru ini,kasus perpanjangan Freeport yang ditutupi dengan kasus papa minta saham dan papa minta helikopter.Well,enough for today.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s